Search engine adalah program yang digunakan untuk mencari informasi
di lingkungan (realm) tertentu dan menyimpannya dalam database. Istilah
ini seringkali terlalu dikaitkan dengan Internet search engine, yakni
search engine yang didisain khusus untuk pencarian informasi di
Internet. Sebenarnya search engine bisa juga dimanfaatkan untuk
pencarian konten offline seperti misalnya katalog perpustakaan, konten
hardisk di komputer pribadi, atau katalog koleksi museum dsb. Searcah
engine membantu kita mengorganisir dan menampilkan informasi sedemikian
rupa sehingga informasi tsb mudah diakses.
Ada tiga hal menyangkut search engine: crawling, indexing, dan
searching. Sewaktu crawling, search engine mencari konten baru yang
tidak ditemukan pada crawl terakhir, termasuk update file dan halaman
web. Kemudian ia mengindex informasi yang didapat, mengambil keyword
lalu mengelompokkannya. Di Internet misalnya, indexing sangat
dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan informasi
mengenai halaman web.
Jika informasi sudah diindex, informasi mengenai bagaimana cara
mengakses informasi tsb kemudian disimpan dalam database. Sebagian
search engine juga membuat “cache” agar pengambilan informasi ketika
diperlukan menjadi lebih mudah. Ketika kita melakukan pencarian, search
engine kemudian menampilkan hasil yang diperluas berdasar relevansinya.
Pencarian “apel” misalnya, akan memunculkan hasil mengenai hal-hal yang
berkaitan dengan apel, termasuk misalnya, “apa itu apel?” demi
kenyamanan pengguna.
Walau semua search engine bekerja dengan cara serupa tetapi
kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine didasarkan pada
algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil pencariannya,
terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Pengguna cenderung
lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti
yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista misalnya,
berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil
pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.
Google menjadi sangat terasosiasi dengan proses web search sehingga
pencarian di web kini diistilahkan dengan “googling”. Google sendiri
sebenarnya tidak terlalu menyukasi hal ini karena khawatir penggunaan
huruf kecil pada penyebutan nama perusahaannya, dan penggunaannya secara
generik dapat mengurangi nilai jual.
Semua Search engine diciptakan dengan tujuan yang
sama yakni untuk memudahkan menemukan informasi dari milyaran halaman
web yang ada di internet. Namun berdasarkan cara kerja nya, secara garis
besar ada 4 jenis search engine:
1. Crawler-Based Search engine
Seperti yang terlihat dari namanya, search engine jenis ini
menggunakan robot atau crawler untuk mengumpulkan informasi dari jagat
internet. Google dan Yahoo! memiliki robot yang bekerja terus tanpa
mengenal lelah untuk mengumpulkan data-data dari seluruh penjuru dunia.
Sebagai gambaran, saat ini Google menggunakan 4 robot yang masing-masing
dapat melakukan penjelajahan sebanyak 100 halaman web/detik atau setara
dengan 600Kb/detik ~ 72,180.17 GigaByte penambahan data setiap tahun
nya.
2. Human-Powerd Web Directories
Berbeda dengan search engine yang menggunakan crawler atau
robot untuk melakukan pengumpulan data, web direktori mengandalkan
ketelitian manusia dalam melakukan seleksi dan pengelompokan website.
Pengelompokan hasil pencarian juga tidak berdasarkan keyword, namun
berdasarkan kategorisasi yang telah ditentukan dan juga berdasarkan
urutan alfatebis. Beberapa contoh yang cukup populer adalah Open
Directory Project (DMOZ), Yahoo directory, Google directory, LookSmart
dan EuroSeek.
3. Hybrid-Search Engine
Tipe ini adalah search engine yang mengombinasi kan Crawler dan
juga web direktori untuk menghasilkan hail pencarian yang relevan.
Sebagai contoh misalkan ada sebuah website yang dikategorikan dalam web
direktori sebagai perusahaan lokal penjual garmen di kota kudus, maka
algoritma search engine hybrid tidak akan menampilkan website ini
sebagai hasil pencarian penjual garmen di kota Chicago. Beberapa contoh
search engine tipe ini adalah Google, ExactSeek, Lycos, dan Altavista.
4. Meta Search Engines
Search engine tipe ini pada dasarnya pengembangan dari berbagai
search engine yang ada, karena mereka tidak melakukan pencarian dengan
algoritma kompleks seperti tipe crawler atau hybrid. Tipe ini melakukan
ekstraksi hasil pencarian dari berbagai search engine dan web direktori,
kemudian melakukan pengelompokan data dan menampilkannya. Semakin
sering sebuah halaman web ditampilkan pada berbagai search engine, maka
halaman tersebut akan memiliki ranking yang tinggi di meta search
engine. Contoh meta search engine adalah DogPile, WebCrawler, Excite,
MetaCrawler, dan Ixquick.
Meski mayoritas proyek jasa SEO
difokuskan pada Google, optimasi pada tipe earch engine lain juga dapat
membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke suatu website.
Google merupakan
sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian
Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat
lunak.
Yahoo ialah
sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale,
California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal
webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers,
situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga
fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar
di Amerika Serikat.
Bing merupakan
mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera
Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan
Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni
Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Altavista merupakan
search engine yang cukup terkenal dimata dunia. Di altavista, kita bisa
mencari berbagai informasi berupa web, gambar, video, berbelanja
online, aplikasi, dan berita.
5. Ixquick (http://www.ixquick.com )
Ixquick merupakan mesin pencari yang
melakukan pencarian di banyak situs mesin pencari sekaligus. Menarik,
bukan? Anda bisa menentukan mesin pencari-mesin pencari mana saja yang
perlu ditelusuri oleh IxQuick
Ebay merupakan
sebuah situs web lelang yang memungkinkan orang-orang dari seluruh
dunia untuk dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa.
Excite merupakan search engine yang serupa dengan yahoo.
8. Gigablast ( http://www.gigablast.com )
Gigablast adalah
mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells.
Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat
situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan
untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin
pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin.
Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki
satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan
biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan
bernilai jutaan peralatan untuk Google).
9. Aol ( http://www.aol.com )
Dulunya
adalah perusahaan America Online, Inc., dan merupakan penyelenggara
jasa Internet global yang berpusat di New York dan sebelum berstatus
publik sejak tanggal 9 Desember 2009, AOL dioperasikan oleh perusahaan
Time Warner. Pada saat ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal
layanan Internet di berbagai negara di dunia, sehingga menjadikan AOL
sebagai ISP bersifat Internasional dengan jumlah pelanggan mencapai 30
juta pengguna.
Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.
Iwon merupakan
search engine yang bekerja sama dengan Ask.com sekaligus merupakan
website untuk menghasilkan uang dengan bermain game online. Anda bisa
memenangkan hadiah hingga 500 hadiah tunai $.
Joeant menawarkan
direktori edited manusia “untuk menyediakan direktori situs berkualitas
bagi pengguna Internet”. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com
(Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk
menyediakan hasil yang relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha
untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik
dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi
sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.
Lycos adalah
mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi
berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan
pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon
di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu
perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi
CEO dari perusahaan Lycos ini.
Mamma merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.
0 komentar:
Posting Komentar